Peralatan mainan untuk bayi

 Genpi.net - Peralatan mainan pada bayi tentunya harus di sesuaikan  dengan usia dan kemampuannya bayi itu sendiri, seperti pada bayi yang baru bisa tidur telentang ataupun tengkurap peralatan yang menjadi pilihan adalah mainan yang bisa dilakukan dalam posisi tersebut. Saat bayi mulai belajar duduk dan mulai bisa menggenggam, maka berikan peralatan mainan yang bisa dilakukan  dalam posisi duduk. begitu pula seterusnya hingga baik mulai bosan dengan mainnya yantg ada

Peralatan mainan untuk bayi
Peralatan mainan untuk bayi

Ketika diajak bermain secara otomatis bayi akan melatih kemampuan motorik, sensoris, interaksi, eksplorasi, serta kemampuan emosi, dan lainnya.  ada beberapa contoh permainan ataupun alat main yang bisa membuat bayi pintar. diantaranya sebaggai berikut

1. CILUKBA

anak usia 1—12 bulan, untuk peralatan yang haru digunakan sendiri sebenarnya tak memerlukan peralatan sebuah khusus, namun bila ada saputangan atau baju bisa dimanfaatkan sebagai media penghalang. manfaat dari bermaon ciluba sendiri adalah bayi akan belajar tentang konsep hilang dan ada. 


2. KUDA-KUDAAN 

apabila bayi sudah bisa didudukkan maka berarti bayi mulai bisa untuk bermain kuda-kudaan, yang diperluka dalama permain ini hanyalah kesiapan orang tua untuk di duduki oleh anaknya. adapun manfaat dari permainan ini adalah,  Menjalin kelekatan orangtua dan bayi, Melatih bayi bekerja sama, peka terhadap sesuatu karena ia harus mengontrol dirinya.

 

3. MOBIL-MOBILAN

Bayi sudah bisa diposisikan duduk maka bayi juga bisa ikut bermain mobil-mobilan. permainannya simple hanyaperlu dudukan anakpada benda berbentuk bulat yang dipergunakan sebagai setir mobil atau kursi jika ingin melakukannya di atas kursi. adapun manfaat dari permainna ini adalah untuk Melatih bayi melakukan interaksi, Menjalin kelekatan dan kerja sama,  Melatih imajinasi bayi, juga melatih kekuatan motoriknya lewat gerakan-gerakan yang dilakukan.


4. PERALATAN PERMAINAN DENGAN BENDA BERGOYANG

pada permainan ini seandainya  bayi belum bisa duduk bisa secara baru bisa telentang atau tengkurap. permainan ini berupa menggunakan suatu benda yang dapat digoyang-goyangkan seperti mainan gantung, mainan tarik, atau kerincingan. adapun manfaat yang bisa didapat dari permainan ini adalah seperti Merangsang kemampuan penglihatan bayi, pengamatan, pengenalan dasar terhadap bentuk dan warna, interaksi sosial, koordinasi mata, dan lainnya. 


Posting Komentar

Copyright © 2021

Genpi.net