Penyebab anak muntah terus

Genpi.net - Muntah merupakn suatu gejala bukanlah penyakit. ini berupa gejala keluarnya isi lambung ataupun usus melalui mulut dan hidung dengan terpaksa. Isi muntahan bisa berupa cairan yang bercampur makanan yang baru dimakan ataupun cairan lambung saja. Pada gangguan yang lebih berbahaya seperti sumbatan saluran cerna mengakibatkan muntah berwarna hijau. 

Penyebab anak muntah terus, genpi, perawatan anak
Penyebab anak muntah terus

Ada beberapa penyebab dari  Muntah yang seharusnya bisa kita ketahui dan mengerti, alangkah bagusnya ketika kit mengetahui kita bisa mencegah penyebab tersebut, adapun beberapa penyebab muntah diantaranya :

1.  Infeksi virus

Ini merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Infeksi virus bisa berupa Infeksi diare yang paling sering terjadi pada anak anak disebabkan infeksi rotavirus. Infeksi ini diistilahkan muntaber atau muntah berak. 

Muntah dan diare adalah  gejala utama dari infeksi rotavirus yang dapat berlangsung selama 3-7 hari. Infeksi ini biasa disertai gejala lain yaitu bisa berupa kehilangan nafsu makan pada anak ataupun tanda-tanda dehidrasi.

2. Penderita alergi 

Pada penderita alergi, biasanya keluhan muntah sering terjadi pada bayi usia di bawah  6- 12 bulan. Umumnya usia 3-6 bulan muntah hanya 2 sampai 5 kali perhari membaik seiring pertambahan usia.  Gangguan muntah akan lebih berat ketika terjadi infeksi saluran napas ataupun infeksi virus lainnya.  

3. Stenosis pilorus 

Stenosis pilorus adalah gangguan yang berupa penyempitan di bagian ujung lubang keluar menuju ke usus halus oleh makanan, biasa terjadi pada bayi. Akibat dari stenosis pylorus adalah hanya sejumlah kecil makanan yang dapat masuk ke dalam usus halus, Lainya akan dimuntahkan hingga akhirnya anak bisa mengalami penurunan berat badan. 

4. Terlalu banyak makan

5. Sumbatan pada saluran cerna

6. Radang pada selaput perut yang membungkus seluruh organ perut dan membatasi rongga  perut

7.  Berhenti kontraksi normal dinding usus sementara

8. Peradangan pada kandung empedu

9. Keracunan makanan

10.  Sistem sensorik dan otak

Baca juga penyebab anak sering buang air besar

Itulah beberapa hal yang menyebabkan muntah pada anak, namun dari kesepuluh poin tersebut, poin no 1 dan 2 adalah yang paling sering terjadi. Yang pastinya adalah jangan terlalu panic ketika anak mengalami muntah, karena ini bukanlah sebuah penyakit hanya saja suatu gejala, namun orang tua juga harus waspada

Posting Komentar

Copyright © 2021

Genpi.net